Pengawasan pada PLTD dan generator set merupakan aspek kritis dalam menjaga kinerja dan keandalan sistem tersebut. Pengawasan ini melibatkan sejumlah tugas yang penting. Pertama, teknisi perlu secara rutin memeriksa suhu mesin PLTD dan generator set. Mereka harus mengukur suhu secara berkala dan mencatatnya dalam jurnal pemeliharaan. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi peningkatan suhu yang dapat mengindikasikan masalah potensial. Selain itu, monitoring level bahan bakar sangat penting. Tim pemeliharaan harus memantau level bahan bakar secara teratur dan mengisi bahan bakar saat perlu. Ini memastikan bahwa generator set selalu siap beroperasi dalam kondisi optimal.

Pengawasan juga mencakup pemantauan tekanan oli mesin. Teknisi harus secara berkala memeriksa tekanan oli dan memastikan bahwa tekanan tersebut berada dalam rentang yang aman. Jika tekanan oli turun di bawah ambang batas yang ditetapkan, tindakan perbaikan harus segera dilakukan. Selanjutnya, pengawasan melibatkan pemeriksaan filter udara. Filter udara harus diperiksa dan dibersihkan atau diganti secara berkala untuk memastikan aliran udara yang optimal ke mesin. Ini membantu mencegah kerusakan pada komponen mesin.

Pengawasan juga melibatkan pemantauan tingkat kebisingan yang dihasilkan oleh generator set. Peningkatan kebisingan bisa menjadi tanda masalah, dan teknisi harus segera menyelidikinya.Terakhir, penting untuk mencatat riwayat pemeliharaan secara rinci. Catatan ini harus mencakup semua tugas pengawasan yang telah dilakukan, tanggalnya, dan hasilnya. Hal ini membantu dalam merencanakan jadwal pemeliharaan yang tepat waktu dan efisien. Secara keseluruhan, pengawasan yang cermat pada PLTD dan generator set sangat penting untuk menjaga kinerja yang handal dan mencegah kerusakan yang dapat mengganggu pasokan listrik.

 

Tujuan 

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat memahami dan mengaplikasikan tugas dan fungsi pengawasan pada PLTD maupun Generator Set dan perawatannya sehingga mesin-mesin dapat selalu terkendalikan.

Materi
  • Review  tentang Diesel dan Generator Set
  • Teknologi Mesin Diesel
  • Teknologi Generator Pembakit Listrik
  • Urgensi pengawasan pada mesi diesel dan genset
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi perawatan mesin PLTD
  • Pengawasan manajemen K3 pada PLTD
  • Pengendalian  dan pengawasan  Waktu, Biaya dan Mutu pada PLTD
  • Identifikasi bahaya pada PLTD dan Genset
  • Penerapan pengawasan pada fire detector
  • Pengawasan preventive maintenance
  • Routine maintenance
  • Periodic Maintenance 
  • Case Studi 

 

Instruktur

Kami memberikan instruktur menyesuaikan jadwal dan juga lokasi peserta. Setelah itu, setelah peserta fix training/sertifikasi kami akan memberikan informasi trainer.

******************************************************************

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal PENGAWASAN PADA PLTD DAN GENERATOR SET dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandiri Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo