VISUALISASI DATA

Deskripsi 

Visualisasi data adalah teknik yang digunakan untuk memvisualisasikan data, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan mudah dipahami. Pada dasarnya, visualisasi data adalah suatu cara untuk mengubah data yang rumit menjadi bentuk yang lebih sederhana dan mudah dipahami, sehingga dapat membantu kita untuk mengidentifikasi pola, tren, atau hubungan antara data yang tersembunyi.

Bukan hanya sekadar tentang membuat data terlihat menarik secara visual. Lebih dari itu, membantu kita untuk mengomunikasikan informasi dengan lebih efektif dan membuat data lebih mudah dipahami. Dalam banyak kasus, visualisasi data juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan, karena dapat memberikan gambaran yang lebih jelas dan mudah dipahami tentang data yang dianalisis. Oleh karena itu, visualisasi data menjadi makin penting dalam era digital di mana kita menghasilkan dan mengumpulkan data dalam jumlah yang makin besar dan kompleks.

Tujuan
  1. Mempermudah Pemahaman Data

Membantu mempermudah pemahaman terhadap data bisnis kompleks dan beragam, seperti data bisnis. Keuntungannya adalah kemampuannya dalam menyaring informasi penting dari banyaknya data yang ada, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan wawasan (insight) secara cepat dan mudah diingat. 

Faktanya, manusia cenderung lebih mudah memproses informasi secara visual. Bahkan, sekitar 90% informasi yang diterima oleh otak manusia berupa visual. Hal ini makin relevan dalam era internet, di mana rentang perhatian manusia cenderung lebih pendek. Oleh karena itu, visualisasi data menjadi makin penting untuk memudahkan pemahaman terhadap data bisnis yang kompleks dan beragam.

  1. Membantu Identifikasi Pola dan Tren

Visualisasi data dapat membantu kita mengidentifikasi pola dan tren yang ada dalam kumpulan data. Dalam beberapa kasus, pola dan tren ini mungkin akan sangat sulit untuk diidentifikasi pada data yang masih mentah. Dapat membantu dengan mengubah data mentah menjadi grafik atau diagram yang lebih mudah dipahami.

Dalam analisis data bisnis, misalnya, visualisasi data dapat membantu dalam mengidentifikasi tren penjualan, kenaikan atau penurunan permintaan, hingga perilaku konsumen yang berbeda-beda. Visualisasi data dapat memberikan informasi yang sangat berharga dalam mengambil keputusan yang tepat apabila kamu melakukan identifikasi pola dan tren tersebut.

  1. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Data

Fungsi visualisasi data yang lain adalah meningkatkan efektivitas komunikasi data. Penggunaan representasi visual seperti grafik, diagram, tabel, atau peta, visualisasi data dapat membantu kamu dalam mengomunikasikan informasi dengan lebih jelas dan mudah dipahami. Hal ini sangat penting dalam situasi di mana informasi harus disampaikan dengan cepat dan efektif, seperti dalam presentasi bisnis atau laporan keuangan.

Materi:
  1. Tableau

Tableau adalah salah satu perangkat lunak terpopuler untuk visualisasi data yang dapat digunakan oleh siapa saja, dari pemula hingga profesional. Tableau menyediakan fitur-fitur yang canggih dan mudah digunakan, seperti drag-and-drop, yang memungkinkan pengguna untuk membuat visualisasi data yang menarik dan interaktif. Selain itu, Tableau juga memiliki komunitas pengguna yang aktif dan banyak sumber daya pelatihan online yang tersedia.

  1. Microsoft Excel

Microsoft Excel, atau biasa disebut Excel saja, merupakan salah satu software pengolah angka terpopuler di dunia yang juga dapat digunakan untuk visualisasi data. Meskipun fiturnya tidak sekompleks perangkat lunak visualisasi data lainnya, Excel tetap dapat digunakan untuk membuat grafik dan tabel yang informatif dan mudah dipahami. Selain itu, Excel juga mudah diakses karena hampir setiap komputer dan laptop dilengkapi dengan perangkat lunak ini sebagai salah satu bawaannya.

  1. Google Charts

Google Charts adalah salah satu alat visualisasi data online yang disediakan oleh Google. Alat ini dapat digunakan secara gratis dan mudah digunakan oleh pengguna dari berbagai level keahlian. Google Charts memiliki berbagai macam tipe visualisasi data yang dapat dipilih, seperti grafik garis, diagram batang, dan diagram pie. Selain itu, Google Charts juga dapat diintegrasikan dengan Google Sheets atau platform lainnya untuk memperoleh data secara real-time.

  1. Power BI

Power BI adalah perangkat lunak visualisasi data yang dikembangkan oleh Microsoft. Perangkat lunak ini menyediakan fitur-fitur yang lengkap dan canggih untuk membuat visualisasi data, seperti kemampuan untuk menggabungkan data dari berbagai sumber, mengolah data secara otomatis, dan membuat laporan interaktif. Power BI juga dapat diintegrasikan dengan platform lainnya seperti Excel dan SharePoint.

  1. D3.js

D3.js adalah salah satu library JavaScript terpopuler untuk visualisasi data yang menawarkan fleksibilitas dan kustomisasi yang tinggi. D3.js memungkinkan penggunanya untuk membuat visualisasi data yang unik dan menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Namun, karena membutuhkan kemampuan pemrograman yang tinggi, D3.js lebih cocok digunakan oleh pengguna yang sudah memiliki pengalaman dalam pengembangan web.

 

Instruktur

Tim Instruktur

******************************************************************

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal pelatihan dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandir Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo