Total Productive Maintenance (TPM) adalah pendekatan manajemen yang diterapkan dalam industri untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas peralatan produksi. Dengan TPM, perusahaan dapat mencapai peningkatan yang signifikan dalam kualitas dan produktivitas. Pertama, TPM mengidentifikasi peralatan kunci yang kritis untuk operasi perusahaan, dan kemudian merancang strategi perawatan yang tepat untuk setiap peralatan tersebut. Selanjutnya, TPM mengembangkan tim kerja yang terampil yang bertanggung jawab untuk merawat dan memantau peralatan secara teratur. Selain itu, TPM juga mengedepankan pendekatan pencegahan, di mana perawatan rutin dilakukan untuk mencegah kerusakan yang dapat mengganggu produksi.

Dalam implementasi TPM, pelatihan karyawan menjadi unsur kunci, memastikan bahwa mereka memahami peran mereka dalam menjaga peralatan dalam kondisi optimal. Selanjutnya, TPM juga mendorong pelaporan gangguan dan masalah dengan segera, sehingga perbaikan dapat dilakukan secara cepat. Selama proses TPM, metrik kinerja seperti Overall Equipment Effectiveness (OEE) untuk mengukur dan memantau produktivitas peralatan. Selain itu, TPM juga mendorong partisipasi aktif dari semua tingkatan karyawan, menciptakan budaya di mana semua orang merasa memiliki tanggung jawab terhadap peralatan produksi. Selama pelaksanaan TPM, perusahaan terus meningkatkan proses mereka melalui analisis data dan evaluasi berkala.

Dengan demikian, TPM membantu perusahaan mencapai keberlanjutan dalam operasi mereka, meningkatkan produktivitas, mengurangi kerusakan peralatan, dan meningkatkan kualitas produk. Singkatnya, Total Productive Maintenance adalah pendekatan proaktif untuk perawatan peralatan yang berfokus pada mencegah kerusakan, meningkatkan efisiensi, dan melibatkan seluruh organisasi dalam upaya meningkatkan kinerja produksi.

 

Tujuan dan Manfaat

Dengan mengikuti training ini  peserta dapat memahami dan mengaplikasikan manajemen perawatan dan pemeliharaan alat-alat produksi sesuai dengan prosedur kerja secara  efektif dan efisien.

 

Materi Training
  • Pengantar dan Konsep dasar
    • Definisi Total Productive Maintenance (TPM)
    • Manfaat Total Productive Maintenance (TPM)
  • Bagaimana pengaplikasian Total Productive Maintenance (TPM)
  • Prosedur dan Proses Total Productive Maintenance (TPM)
    • Basic activities of TPM
    • Implementation and developing TPM
    • Autonomous maintenance
    • Planned Maintenance
  • Pengertian Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan bagaimana cara pengukurannya
  • Studi Kasus dan juga diskusi
Peserta Training

Pelatihan ini untuk manajer,staff, teknisi, engineering, yang terkait dengan maintenance management di perusahaan.

 

Metode Total Productive Maintenance Training

Presentasi, Group Discussion dan juga Studi Kasus

Instruktur 

Kami memberikan instruktur menyesuaikan jadwal dan juga lokasi peserta. Setelah itu, setelah peserta fix training/sertifikasi kami akan memberikan informasi trainer.

******************************************************************

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandir Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo