Sertifikasi Staff Administrasi BNSP: Kunci Keberhasilan Karier Anda

Apakah Anda bekerja sebagai staff administrasi di suatu organisasi atau perusahaan? Ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas pekerjaan Anda? Atau Anda ingin mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas kompetensi Anda? Jika jawabannya ya, maka Anda perlu mendapatkan Sertifikasi Staff Administrasi BNSP.

Sertifikasi Staff Administrasi BNSP adalah sertifikat oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada individu yang telah memenuhi standar kompetensi dalam bidang staff administrasi. Sertifikat ini berlaku untuk berbagai jenis pekerjaan staff administrasi, seperti staff administrasi perkantoran, staff administrasi keuangan, staff administrasi personalia, dan lain-lain.

Dengan memiliki Sertifikasi Staff Administrasi BNSP, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, seperti:

  • Peningkatan peluang pekerjaan. Sertifikasi Staff Administrasi BNSP akan menunjukkan kepada calon employer bahwa Anda memiliki kualifikasi yang memenuhi untuk pekerjaan staff administrasi. Anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda.
  • Peningkatan gaji. Sertifikasi Staff Administrasi BNSP juga akan meningkatkan nilai diri Anda sebagai pekerja profesional. Menurut data dari [JobStreet], pemegang Sertifikasi Staff Administrasi BNSP dapat mengharapkan kenaikan gaji sebesar 10-20% daripada mereka yang tidak bersertifikat.
  • Peningkatan keterampilan yang relevan. Sertifikasi Staff Administrasi BNSP akan membantu Anda mengasah keterampilan dalam bidang staff administrasi, seperti komunikasi, organisasi, manajemen waktu, penggunaan teknologi informasi, dan lain-lain. Anda akan lebih siap menghadapi tantangan dan perubahan di dunia kerja.

Untuk mendapatkan Sertifikat BNSP, Anda perlu mendaftar dan mengikuti ujian sertifikasi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar dan mengikuti ujian sertifikasi:

  • Pilih jenis sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan atau minat Anda. Ada beberapa jenis Sertifikasi Staff Administrasi BNSP yang ditawarkan oleh BNSP, seperti Sertifikat Kompetensi Staff Administrasi Perkantoran Tingkat 3 (SKKSAP3), Sertifikat Kompetensi Staff Administrasi Keuangan Tingkat 4 (SKKSAK4), dan lain-lain.
  • Cari tahu persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar sertifikasi tersebut. Persyaratan dapat berbeda-beda tergantung pada jenis sertifikasi yang dipilih, tetapi umumnya meliputi syarat umum (seperti KTP, ijazah, surat keterangan kerja) dan syarat khusus (seperti portofolio, rekomendasi, bukti pelatihan).
  • Daftarkan diri Anda ke LSP yang menyelenggarakan ujian sertifikasi yang Anda inginkan. Anda dapat mencari informasi tentang LSP yang terakreditasi oleh BNSP. Anda juga dapat menghubungi LSP tersebut untuk mengetahui jadwal, biaya, dan lokasi ujian sertifikasi.
  • Ikuti ujian sertifikasi yang terdiri dari dua bagian, yaitu ujian tertulis dan ujian praktik. Ujian tertulis akan menguji pengetahuan Anda tentang konsep-konsep dasar staff administrasi, sedangkan ujian praktik akan menguji kemampuan Anda dalam melakukan tugas-tugas staff administratif secara nyata. Anda harus mendapatkan nilai minimal 75% untuk lulus ujian sertifikasi.
  • Terima sertifikat Anda jika Anda lulus ujian sertifikasi. Sertifikat ini berlaku selama tiga tahun dan dapat memperpanjang masa sertifikat dengan mengikuti ujian ulang.

 

Untuk mempersiapkan diri untuk ujian sertifikasi staff administrasi, Anda perlu melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mempelajari materi ujian yang disediakan oleh LSP. Materi ujian biasanya mencakup skema sertifikasi, unit kompetensi, kriteria unjuk kerja, bukti-bukti kompetensi, dan contoh soal-soal ujian.
  • Membaca buku-buku referensi yang berkaitan dengan bidang staff administrasi. Beberapa buku referensi yang dapat Anda baca adalah Staff Administrasi Perkantoran Modern oleh Darmawan Suparno, Staff Administrasi Keuangan Publik oleh Mardiasmo, dan Staff Administrasi Personalia oleh Ngalim Purwanto.
  • Mengikuti kursus online atau pelatihan yang relevan dengan bidang staff administrasi. Beberapa kursus online atau pelatihan yang dapat Anda ikuti adalah [Staff Administrative Assistant Fundamentals], [Staff Financial Management for Non-Financial Professionals], dan [Staff Human Resource Management].
  • Bergabung dengan komunitas atau forum yang berhubungan dengan bidang staff administrasi. Beberapa komunitas atau forum yang dapat Anda bergabung adalah [Asosiasi Staff Administrasi Profesional Indonesia (ASAPI)], [Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)], dan [Asosiasi Staff Administrasi Personalia Indonesia (ASAPI)].

 

****************************************************

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal pelatihan/sertifikasi dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandir Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo