Deskripsi

PENCEGAHAN KOROSI DAN SCALE PADA PROSES PRODUKSI MINYAK BUMIKorosi adalah penurunan kualitas dan kuantitas suatu material terutama logam. Terjadinya korosi tidak dapat dihindari karena merupakan proses alami yang tidak akan pernah berhenti atau akan terus terjadi selama material logam tersebut mengalami kontak dengan lingkungannya. Penghambatan atau pelambatan laju korosi dapat dilakukan dengan beberrapa cara salah satunya dengan menggunakan incubator korosi. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai teknik-teknik pencegahan korosi dan scale pada proses produksi minyak bumi. adalah hasil destruktif dari reaksi elektrokimia, antara logam dan lingkungan sekitar. Penyebab korosi mudah terjadi jika bereaksi dengan zat lain seperti oksigen, hidrogen, arus listrik, atau bahkan kotoran dan bakteri. Proses produksi minyak dari formasi tersebut mempunyai kandungan air yang sangat besar, bahkan bisa mencapai kadar lebih dari 90%.

Selain air, juga terdapat komponen-komponen lain berupa pasir, garam-garam mineral, aspal, gas CO2 dan H2S. Komponen-komponen yang terbawa bersama minyak ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri pada proses produksi minyak bumi, antara lain dapat menyebabkan korosi; kerusakan pada casing tubing, sistem perpipaan dan surface fasilities; serta ion-ion yang larut dalam air seperti kalsium, karbonat, dan sulfat dapat membentuk kerak (scale). Scale dapat menyebabkan pressure drop karena terjadinya penyempitan pada sistem perpipaan, tubing, dan casing sehingga dapat menurunkan produksi minyak bumi tersebut. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai teknik-teknik pencegahan korosi dan scale pada proses produksi minyak bumi.

Tujuan

Dengan mengikuti training ini diharapkan peserta dapat mengetahui penyebab-penyebab terjadinya Korosi dan Scale serta dapat mengaplikasi teknik-teknik pencegahan terjadinya Korosi dan Scale pada proses pengolahan minyak bumi.

Materi
1. Korosi, Tipe Korosi dan Faktor-faktor yang mempengaruhi laju korosi
2. Factor-faktor yang mempengaruhi laju korosi
3. Pencegahan korosi
a. Proteksi katiodik
b. Coating
c. Pemakaian Bahan-Bahan kimia
4. Identifikasi scale dan penyebab terjadinya scale
5. Reaksi-reaksi yang menyebabkan Scale
6. Pencegahan scale dengan scale inhibitor
7. Jenis-jenis scale inhibitor

Peserta
Pimpinan, Kepala Bagian dan Staff yang terlibat dalam perawatan peralatan proses produksi minyak bumi

Metode
Presentasi, Diskusi, Case Study, Evaluasi

Instruktur
Tim Instruktur

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo