Deskripsi  PEMBANGUNAN GEDUNG TAHAN GEMPA

PEMBANGUNAN GEDUNG TAHAN GEMPA – Bisa dilihat bahwa di sekitar kepulauan Indonesia, terutama di jalur Sumatra,Jawa dan Nusa Tenggara, gempa banyak sekali terjadi gempa. Tukang batu maupun kayu merupakan ujung tombak dalam meminimalisir dampak gempa bumi, yaitu denga pelaksanakan pekeerjaan pembangunan rumah tahan gempa sesuai aturan dan setandar bangunan tahan gempa. Dapat dicontohkan untuk pekerjaan dinding batu bata dimana setiap 6 bata harus diberi penguat/angkur sebagai menahan tembuk agar apabila terjadi gempa tidak akan mudah runtuh. Masyarakat juga berperan langsung dalam pemanfaatan bangunan tahan gempa. Diperlukan pelatihan dan penyuluhan yang bermakna dengan metode pembelajaran yang tepat.

Tujuan

Setelah melakukan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  1. Dengan adanya penyuluhan dan pelatihan yang bermakna dengan metode pembelajaran yang inovatif dapat menanamkan konsep rumah tahan gempa dalam diri tukang dan masyarakat.
  2. Pentingnya mengetahui cara-cara menyelamatkan diri dan mengidentifikasi bagian-bagian paling aman dalam rumah yang bisa dijadikan tempat berlindung saat gempa untuk mengurangi dampak akibat bencana.
  3. Penanaman konsep-konsep rumah tahan gempa kepada masyarakat sangat diperlukan agar mereka sadar pentingnya membangun rumah yang tahan gempa dalam rangka menyiapkan diri dan menambah wawasan menghadapi bencana.

Materi

  1. Pengertian Bangunan
  2. Maksud dan Tujuan Pembuatan Bangunan
  3. Pengertian Gempa
  4. Karakteristik Goncangan Gempa
  5. Prinsip Dasar Bangunan Tahan Gempa
  6. Elemen-elemen penting Struktur Bangunan Tahan Gempa
  7. Karakteristik konstruksi bangunan tahan gempa 
  8. Studi Case

Metode

  • Presentasi
  • Diskusi dan
  •  Sharing Pengalaman

 

Instruktur

Tim Instruktur

******************************************************************

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo