DESKRIPSI MANAJEMEN ASSET

MANAJEMEN ASSET – Dalam akuntansi keuangan, Aset adalah setiap sumber daya yang dimiliki oleh bisnis baik yang berwujud atau tidak berwujud yang dapat dikendalikan untuk menghasilkan nilai ekonomi positif. Secara sederhana, asset merupakan nilai kepemilikkan yang dapat di konversi menjadi uang tunai (walaupun uang tunai itu sendiri juga dianggap asset).
Pengelolaan Aset (Manajemen Aset) pada perusahaan / organisasi merupakan hal yang sangat penting karena untuk memantau dan menghitung serta memanfaatkannya secara optimal. Manajemen asset berfungsi untuk informasi perjalanan asset secara keseluruhan, memuat berapa banyak aset dan biayanya, pemanfaatan, kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah dari hilangnya asset, perhitungan pajak dan depresiasi.

Tujuan MANAJEMEN ASSET

setelah melaksankan training, peserta akan mampu :
1. Memahami mengenai pentingnya melakukan manajemen aset yang baik demi keberlangsungan dan perkembangan organisasi/perusahaan.
2. Menyusun pengelolaan aset dilakukan secara profesional dan terintegrasi.
3. Mengelola aset secara terintegrasi mulai dari planning, pengadaan, verifikasi, pencatatan, layout, pergudangan, pemeliharaan, sistem informasi aset, serta monitoring dan evaluasi.
4. Mengambil keputusan yang efektif dalam pengelolaan aset, sehingga lebih efisien, mengurangi pemborosan/kerugian, mencegah hilangnya aset serta mecegah konflik karena aset.

Materi MANAJEMEN ASSET
1. Konsep Dasar Manajemen Aset dan Ruang lingkup Manajemen Aset
2. Perencanaan Manajemen Aset: prosedur perencanaan kebutuhan aset dan penganggarannya
3. Pengadaan Aset (Procurement): sistem dan prosedur pengadaan aset : swakelola/ outsourcing, penyimpangan dalam pengadaan, pengawasan pengadaan, formulir –formulir prosedur pengadaan.
4. Manajemen Penggudangan Aset (Warehousing): prosedur penerimaan, verifikasi, pendistribusian dan prinsip penyimpanan aset dan formulir inventarisasi asset di Gudang.
5. Kodifikasi dan Sistem informasi Asset: Perencanaan kodifikasi dan SIM
6. Manajemen Keuangan Aset dan Penilaian Aset
7. Pengukuran dan Evaluasi Aset
8. Pemeliharaan dan pengawasan aset
9. Sumberdaya Manusia dalam Penanganan Aset Perusahaan: Struktur Organisasi Manajemen Aset, Pengaturan Tugas dan Wewenang Pengelolaan Aset, dan Mengatasi Konflik Terkait dengan Aset.
10. Administrasi dan database aset
11. Metode Lelang dan Penghapusan Aset
12. Case Study secara detail : kasus-kasus riil di lapangan dan solusinya

Peserta
Pimpinan , Kepala Bagian dan Staf yang terlibat dalam pengelolaan aset , Eksekutif/Staf Profesional yang ingin mengetahui seluk-beluk aktiva/aset tetap, serta pemilik perusahaan yang mengelola sendiri perusahaannya atau eksekutif perusahaan yang terlibat dalam pengambilan keputusan manajemen

Metode :
> Presentasi
> Diskusi dan Sharing Pengalaman

Instruktur
Tim Instruktur

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo