Kasus Jessica Wongso: Apa yang Terjadi Setelah 7 Tahun? Jessica Wongso yang dituduh membunuh sahabatnya Wayan Mirna Salihin dengan racun sianida di dalam kopi, kembali menjadi sorotan publik. Hal ini disebabkan oleh perilisan film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso di Netflix pada akhir September 2023. Film ini menampilkan sudut pandang baru tentang kasus yang menghebohkan Indonesia pada tahun 2016 lalu.

Siapa Jessica Wongso dan Wayan Mirna Salihin?

Jessica Wongso dan Wayan Mirna Salihin adalah teman akrab yang sama-sama kuliah desain dan komunikasi visual di Billy Blue College of Design, Sydney, Australia, pada 2005 hingga 2008. Jessica kemudian menetap di Australia, sementara Mirna kembali ke Indonesia.

Pada 6 Januari 2016, mereka berjanji untuk bertemu di Restoran Olivier, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, bersama dengan teman lainnya, Hani. Jessica tiba lebih awal dan memesan minuman es kopi atau Vietnam Ice Coffee (VIC) untuk Mirna dan cocktail untuk Hani dan Vera. Jessica sendiri hanya memesan air mineral botol kemasan.

Mirna dan Hani tiba sekitar pukul 17.18 WIB. Mirna langsung menyeruput es kopi yang sudah dipesankan oleh Jessica. Tak lama kemudian, ia mengeluh merasakan sensasi panas menyengat di mulutnya dan pingsan kemudian dilarikan ke rumah sakit, tetapi meninggal dunia pada pukul 18.30 WIB.

Bagaimana Proses Penyelidikan dan Persidangan Kasus Jessica Wongso?

Keluarga Mirna merasa curiga dengan kejadian tersebut dan mengizinkan jenazahnya diautopsi. Hasil autopsi menunjukkan bahwa Mirna meninggal karena keracunan sianida. Polisi kemudian menetapkan Jessica sebagai tersangka pembunuhan berencana pada 29 Januari 2016.

Sidang kasus Jessica Wongso berlangsung selama hampir lima bulan (135 hari) dan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi. Sidang ini menarik perhatian publik karena banyaknya kontroversi dan drama yang terjadi.

Salah satu kontroversi adalah soal keterlibatan pihak Australia dalam penyelidikan kasus ini. Karena Jessica adalah warga negara Australia, pemerintah Australia memberikan bantuan hukum kepadanya dengan syarat bahwa ia tidak akan dihukum mati jika terbukti bersalah. Pihak Australia juga mengirimkan saksi ahli forensik yang memberikan kesaksian yang berbeda dengan saksi ahli dari Indonesia.

Selain itu, ada juga kontroversi tentang kredibilitas saksi ahli hukum pidana dari Indonesia, Eddy Hiariej, yang diduga memiliki konflik kepentingan karena pernah menjadi pengacara salah satu saksi dalam kasus ini. Eddy juga dikenal sebagai pendukung mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang saat itu sedang menghadapi kasus penistaan agama.

Drama lain yang terjadi adalah ketika ayah Mirna, Edi Darmawan Salihin, mengaku telah membohongi hakim dengan mengatakan bahwa ia tidak pernah bertemu dengan Jessica sebelumnya. Padahal, ia pernah bertemu dengan Jessica di Sydney pada tahun 2015 dan sempat berfoto bersamanya. Hal ini terungkap setelah foto tersebut beredar di media sosial.

Apa Hasil Akhir dari Kasus Jessica Wongso?

Pada 27 Oktober 2016, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutuskan bahwa Jessica terbukti bersalah melakukan pembunuhan berencana terhadap Mirna dengan cara memberikan racun sianida di dalam kopi. Jessica dijatuhi hukuman penjara selama 20 tahun. Kemudian ia mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, tetapi ditolak pada 23 Desember 2016. Jessica juga mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung, tetapi juga ditolak pada 26 Juni 2017. Dengan demikian, putusan pengadilan terhadap Jessica telah berkekuatan hukum tetap.

Saat ini, Jessica sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Jessica masih bersikeras bahwa ia tidak bersalah dan menganggap dirinya sebagai korban dari rekayasa hukum. Jessica juga mengaku tidak pernah menonton film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso yang menyoroti kasusnya.

Sumber:

1Rekam Jejak Eddy Hiariej, Saksi Ahli Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso, Ahok, Jokowi-Ma’ruf Amin, hingga Jadi Wamenkumham

2Otto Hasibuan Turun Tangan soal Video Jessica Wongso, Edi Darmawan Sudah Bohongi Hakim: Berbahaya!

3Sebelum Kasus Kopi Sianida, Jessica Wongso Punya 14 Kasus Kepolisian di Australia, Apa Saja?

4Kasus Jessica Kumala Wongso, Tragedi di Meja Nomor 24

5Kasus Kopi Sianida, Terungkap Isi Pesan Tertulis dari Jessica Wongso untuk Seorang Jurnalis

6Murder of Wayan Mirna Salihin

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo