Deskripsi

IT GOVERNANCE AWARENESS – Setiap perusahaan harus memastikan bahwa prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) atau dikenal dengan tata kelola perusahaan dapat berjalan aspek bisnis dan pengelolaan perusahaan pada semua jajaran perusahaan. Aspek kunci dalam tata kelola perusahaan meliputi transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan kewajaran (fairness) untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Secara prinsip tata kelola perusahaan yang merupakan kaidah, norma ataupun pedoman harus digunakan oleh pimpinan perusahaan dan para karyawan agar segala tindakan maupun keputusan strategis yang dilakukan adalah dalam rangka mendukung kepentingan perusahaan. Seluruh manajemen dan karyawan perusahaan dan karyawan agar segala tindakan maupun keputusan strategis yang dilakukan adalah dalam rangka mendukung kepentingan perusahaan. Seluruh manajemen dan perusahaan diwajibkan untuk melaksanakan pedoman dan ketentuan yang telah disusun pelaksanaan GCG sejalan dengan peran serta tanggung jawab yang ditetapkan.

Good Corporate Governance (GCG) secara harfiah dapat diartikan sebagai tata kelola perusahaan. GCG merupakan suatu struktur yang mengatur pola hubungan harmonis tentang peran dewan komisaris, Direksi, Pemegang Saham dan Para Stakeholder lainnya, dengan bentuk sistem pengecekan dan perimbangan kewenangan atas pengendalian perusahaan yang dapat membatasi munculnya dua peluang: pengelolaan yang salah dan penyalahgunaan aset perusahaan serta suatu proses yang transparan atas penentuan tujuan perusahaan, pencapaian, berikut pengukuran kinerjanya.

Prinsip IT Governance Awareness

Untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance(GCG) dalam pengelolaan Teknologi Informasi (TI), maka perlu disusun tata kelola TI (IT Governance) yang menjadi bagian integral dari Enterprise Governance agar dapat menjamin pemanfaatan dari implementasi TI. IT Governance merupakan salah satu pilar utama dari GCG. maka dalam pelaksanaan IT Governance atau tata kelola TI yang baik sangat diperlukan standar tata kelola TI dengan mengacu kepada standar tata kelola TI internasional yang telah diterima secara luas dan teruji implementasinya.

TUJUAN PELATIHAN

  1. Memahami konsep dan praktek IT Governance/Tata Kelola TI secara umum
  2. Membekali dan meningkatkan pengetahuan peserta mengenai Tata Kelola TIK-Teknologi Informasi Komunikasi (IT Governance)
  3. Membantu dan mempersiapkan peserta menjadi champion/change agent Tata Kelola TIK (IT Governance) di tempat kerja.

SILABUS/MATERI

  1. Opening & Overview IT Governance
  2. Tata mengelola TIK
  3. State of the Art IT Governance terkini
  4. Aspek legal dan undang-undang terkait implementasi TIK
  5. Kerangka Organisasi dan SDM TIK
  6. State of the Art
  7. Sistem Manajemen Keamanan Informasi terkini
  8. Best Practice ISO 27001
  9. Pengelolaan Proyek TIK
  10. Pengelolaan Pusat Data
  11. Layanan TIK
  12. Best Practice ITIL dan ISO 20000
  13. Pembuatan IT Master Plan
  14. Pembuatan IT Master Plan (Case Study)

Peserta:
Direktur IT, Kepala Divisi TI, Kepala Divisi Audit TI, Internal Auditor, External Auditor, IT Auditor/ Assessor, IT Quality Assurance, IT Professional, Manajer TI dan staf IT dan manajer atau staf bagian lain yang akan dilibatkan dalam kegiatan IT dari aspek bisnis dan operasional di institusi keuangan.

Metode :

Presentasi
Diskusi dan
Sharing Pengalaman

Instruktur
PROFIL INSTRUKTUR/TRAINER

Buce Darmawan, S.Kom, MTI, CISA, CGEIT, COBIT5, ITIL3, PRINCE2, TOGAF, CCNA.

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo