Good Mining Pratice merupakan kegiatan usaha pertambangan yang memenuhi ketentuan – ketentuan, kriteria, kaidah dan norma – norma yang tepat sehingga pemanfaatan sumber daya mineral memberikan hasil yang optimal dan dampak buruk yang minimal. Hal ini meliputi perizinan, teknis pertambangan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), lingkungan, keterikatan hulu hilir/konservasi/nilai tambah dan pengembangan masyarakat wilayah di sekitar lokasi kegiatan dan mempersiapkan penutupan dan pasca tambang dalam bingkai peraturan perundangan dan standar yang berlaku sesuai dengan tahap – tahap kegiatan pertambangan yang efisien. Industri tambang perlu menerapkan produksi bersih. Tidak hanya pada diakhir tetapi pada keseluruhan tahapan aktifitas tambang, mulai dari penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pascatambang.

 

Tujuan
Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memberikan pengetahuan kepada peserta tata cara kelola tambang yang benar dari hulu sampai hilir.
  2. Memberikan pengetahuan tentang metode-metode pertambangan yang sesuai dengan good mining practice
  3. Memberikan pengetahuan terhadap langkah-langkah pengambilan keputusan terhadap metode tambang sesuai yang baik dan benar yang berwawasan lingkungan.
  4. Memberikan pengetahuan tentang K3 pada tambang atau sistem menejemen keselamatan pertambangan (SMKP)
  5. Memberikan pengetahuan Reklamasi dan paska tambang adalah dua kegiatan yang berbeda, hingga hari ini masih banyak pihak yang menyamakan keduanya atau mayoritas lebih mengenal frase reklamasi daripada paska tambang. Padahal memahami arti keduanya akan sangat penting untuk lebih mengenal inudstri tambang dan hubungannya dengan pengelolaan lingkungan.

 

Materi  

  1. Pendaduluan tentang Good Mining
  2. Ciri – ciri dari Good Mining
  3. Peraturan perundangan dan perizinan
  4. Teknis Pertambangan yang baik dan benar
  5. Keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan
  6. Lindung lingkungan pertambangan
  7. Ekolabel dan implikasi konsep baru pertambangan
  8. Peningkatan nilai tambah pertambangan
  9. Standardisasi pertambangan
  10. Perencanaan Penutupan tambang
  11. Studi Case

 

Peserta 

Manager atau pimpinan departemen hukum, Eksplorasi Pertambangan

 

Metode

Presentasi, Diskusi, Case Study dan juga Evaluasi

 

Instruktur

Kami memberikan instruktur menyesuaikan jadwal dan juga lokasi peserta. Kemudian, setelah peserta fix training/sertifikasi kami akan memberikan informasi trainer.

******************************************************************

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal Good Mining dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandir Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo