Merupakan sebuah mekanisme untuk mengangkat hidrokarbon, umumnya minyak bumi, dari dalam sumur keatas permukaan. Ini biasanya dikarenakan tekanan reservoirnya tidak cukup mampu tinggi untuk mendorong minyak sampai ke atas permukaan maupun tidak ekonomis jika mengalir secara alami. Artificial lift terdiri dari dua kelompok komponen : fasilitas dipermukaan ( surface facilities ) dan dalam sumur ( down hole facilities ).Salah satu persoalan yang cukup sering ditemui oleh perusahaan pertambangan minyak dan gas adalah ketidakmampuan tekanan reservoir untuk mengangkat fluida hidrokarbon secara natural dari dalam sumur ke permukaan. Untuk mengatasi persoalan tersebut, metode bantuan yang telah banyak diaplikasikan disebut artificial lift system. Metode tersebut juga digunakan untuk mengangkat fluida hidrokarbon dimana pengangkutan menggunakan reservoir tidak menguntungkan secara ekonomis pada keuangan perusahaan.

Tujuan
Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat mengetahui secara mendalam mengenai artificial lift system untuk meningkatkan kapasitas produksi perusahaan tambang minyak dan gas

Materi
1. Proses umum pertambangan minyak dan gas
2. Kerangka kerja
3. Kriteria penggunaan
4. Metode artificial lift system
5. Mengukur perfomansi reservoir
6. Keterkaitan articial lift system dengan rod-pumping, gas lift, dan ESP systems
7. Perancangan gas lift (mandrels, valves, injection gas requirements, temperature, chokes, spacing, equilibrium curve, continuous flow design)
8. Analisa ekonomi pada penginstalasian artificial lift system
9. Studi Kasus

Peserta
Direktur Perusahaan, General Manager, Manager Operasi, Manager Produksi, Supervisor produksi, Teknisian.

Metode
Presentasi, studi kasus, diskusi, evaluasi

Instruktur
Tim Instruktur

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo