Apa Fungsi SQL? SQL (Structured Query Language) memiliki beberapa fungsi utama dalam mengelola data di relational database management system (RDBMS). Berikut beberapa fungsi pentingnya:

1. Mengambil Data (SELECT):

Fungsi paling dasar SQL adalah mengambil data tertentu dari tabel database. Anda dapat memilih semua kolom (kolom yang berisi informasi tertentu) atau hanya kolom tertentu saja. Anda juga bisa memfilter data berdasarkan kriteria tertentu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

2. Memasukkan Data (INSERT):

SQL memungkinkan Anda memasukkan data baru ke dalam tabel database. Anda dapat menentukan nilai untuk setiap kolom yang ingin diisi.

3. Memperbarui Data (UPDATE):

Jika data dalam tabel memerlukan koreksi atau perubahan, Anda dapat menggunakan SQL untuk memperbaruinya. Anda dapat memilih baris tertentu yang datanya ingin diubah dan memperbarui nilai pada kolom tertentu.

4. Menghapus Data (DELETE):

SQL juga memungkinkan Anda menghapus data dari tabel database. Anda dapat menghapus seluruh baris data atau hanya baris tertentu berdasarkan kriteria yang Anda tentukan.

5. Mengontrol Akses Pengguna (Data Control Language – DCL):

Selain mengelola data itu sendiri, SQL juga bisa mengatur akses pengguna ke database. Anda dapat mengatur hak akses pengguna untuk melihat, menambah, mengubah, atau menghapus data.

6. Mendefinisikan Struktur Database (Data Definition Language – DDL):

SQL juga bisa digunakan untuk mendefinisikan struktur database, seperti membuat tabel baru, menentukan kolom dan tipe data yang akan disimpan, dan mengatur hubungan antar tabel.

7. Menggabungkan Data dari Beberapa Tabel:

Seringkali, Anda perlu menggabungkan data dari beberapa tabel yang terkait untuk mendapatkan informasi yang lengkap. SQL menyediakan fungsi untuk melakukan join antar tabel berdasarkan kriteria tertentu.

8. Melakukan Agregasi Data:

SQL memungkinkan Anda melakukan operasi agregasi pada data, seperti menghitung jumlah record (baris data), rata-rata, minimum, dan maksimum dari suatu kolom.

…………………………………

Kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada Anda. Dengan demikian, informasi terkait jadwal Pelatihan IMPLEMENTASI MYSQL FOR DATA WAREHOUSING dapat menghubungi kami segera. Di lain pihak, sebagai PT Duta Mandiri Nusa, kami berdedikasi untuk memenuhi kebutuhan pelatihan dan sertifikasi Anda semaksimal mungkin. Maka dari itu, percayakan pelatihan dan sertifikasimu kepada PT Duta Mandir Nusa. #TrainingPastiRunning

Pantau instagram PT Duta Mandiri Nusa untuk informasi jadwal terbaru. Dan juga follow akun tiktok kami untuk konten video hiburan.

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo