PENDAHULUAN

AHLI JURU IKAT BEBAN (RIGGER) – Kompetensi merupakan kemampuan bersikap, berfikir dan bertindak secara konsisten sebagai perwujudan dari nilai pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam melaksanakan pekerjaan. Kebutuhan akan sumber daya Manusia yang kompeten saat ini, merupakan sesuatu yang mendesak untuk disikapi, hal ini disebabkan semakin tingginya tingkat persaingan di semua bidang kehidupan.

Demikian halnya dalam Industri minyak dan gas bumi yang merupakan industri yang strategis dalam pembangunan bangsa dan negara. Industri minyak dan gas bumi mempunyai ciri khusus yaitu padat modal, teknologi tinggi dan memiliki risiko yang tinggi. Memperhatikan ciri khusus tersebut, maka diperlukan pengelolaan yang profesional dan kredibel di bidang industri migas. Karena itu diperlukan SDM yang kompeten. Guna mendorong dan merealisasikan SDM yang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang secara sistematis, antara lain dalam hal sistem diklat dan perangkat-perangkat pendukungnya. Dengan demikian akan dihasilkan SDM yang handal dan profesional. Melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi terstandar maka bangsa Indonesia akan survive dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas.

Menghadapi hal tersebut, semua negara termasuk  Indonesia sedang dan telah berupaya  meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui standardisasi dan sertifikasi kompetensi di berbagai sektor berdasarkan SKKNI. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu diperlukan kerja sama dunia usaha/industri, pemerintah dan lembaga diklat baik formal maupun non formal untuk merumuskan suatu standar kompetensi yang bersifat nasional khususnya pada Sektor Industri Minyak dan Gas serta Panas Bumi Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban.

Demikian Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengeluarkan dan memberlakukan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 135 Tahun 2015 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Pertambangan dan Penggalian Golongan Pokok Pertambangan Minyak Bumi dan Gas Alam dan Panas Bumi Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban. Dengan standar kompetensi tersebut, diharapkan akan menghasilkan SDM (dalam hal ini sebagai Juru Ikat Beban) yang handal dalam jabatannya sehingga dapat mengelola kekayaan migas secara profesional. Melalui penyiapan SDM yang memiliki kualifikasi dan kompetensi terstandar harapannya bangsa Indonesia akan survive dalam menghadapi era kompetisi dan perdagangan bebas.

 TUJUAN AHLI JURU IKAT (RIGGER)

  1. Membantu terpenuhinya kebutuhan tenaga ahli juru ikat beban yang kompeten sehingga mampu melaksanaan pekerjaannya dengan mengedepankan aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang handal.
  2. Peserta memiliki Tingkat kualifikasi jabatan sesuai dengan tingkat kedalaman dan keluasan pengetahuan, keterampilan, tanggung jawab dan wewenangnya.
  3. Memberikan Pengetahuan dan Pemahaman tentang materi uji kompetensi sertifikasi petugas Juru Ikat Beban sesuai dengan level/tingkat yang disyaratkan.
  4. Mempersiapkan Peserta Pelatihan agar dapat memperoleh sertifikasi kompetensi kerja Juru Ikat Beban (Rigger) Bidang Operasi Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban.

MATERI PELATIHAN

  1. Dasar-dasar K3
    2. Pemahaman K3 di Industri Migas
    3. Ketentuan dan Skema SKKNI Juru Ikat Beban
    4. Pemahaman Unit-unit Kompetensi Ahli Juru Ikat beban
  • Menerapkan keselamatan kerja di tempat kerja
  • Mempersiapkan operasi pemindahan beban
  • Melaksanakan operasi pemindahan beban
  • Memandu operasi pesawat angkat
  • Mengendalikan beban
  • Membuat laporan operasi pemindahan beban
  1. Demonstrasi dan Simulasi di bengkel Kerja

WAKTU PELAKSANAAN
Tempat : Menyesuaikan Instansi

Waktu : 2 Hari Training , 1hari sertifikasi uji kompetensi

Investasi & Fasilitas
Minimal kouta 5 orang
Fasilitas : Certificate,Training kits, Lunch, Coffe Break

Instruktur
Praktisi yang berpengalaman dan bersertifikasi Profesi BNSP

Pembayaran
Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke Bank Mandiri dengan nomor Rekening 137-00-1679503-7 a/n PT Duta Mandiri Nusa
*Pembayaran bisa di lakukan dengan cara Down Payment 80% sebelum penyelenggaran training. Pelunasan 100 % dapat dibayarkan sebelum ujian

 

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo