logo-new
KOMPETENSI BNSP SKEMA KEWIRAUSAHAA INDUSTRI JENJANG IV

Deskripsi KOMPETENSI BNSP SKEMA KEWIRAUSAHAA INDUSTRI JENJANG IV

KOMPETENSI BNSP SKEMA KEWIRAUSAHAA INDUSTRI JENJANG IV - Mengacu pada unit-unit kompetensi di atas, materi bimtek kewirausahaan industri berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan Survei Pasar

Sebelum menentukan jenis produk dan melakukan produksi dalam jumlah besar, seorang wirausaha yang kompeten harus melakukan survei pasar untuk mempelajari produk apa yang paling diminati pasar, bagaimana perilaku konsumen yang dituju, kesesuaian harga produk dengan daya beli konsumen, cara pemasaran yang efektif, dan sebagainya. Kegiatan survei pasar dapat dilakukan mulai dari menentukan tujuan survei, mengumpulkan data, menganalisis data, membuat laporan hasil survei dan diakhiri dengan pengambilan keputusan. Sedangkan, untuk teknik pengumpulan data dapat menggunakan wawancara langsung, menggunakan kuesioner fisik maupun daring, melakukan observasi langsung di lapangan, menggunakan aplikasi daring, maupun berdasar literasi rujukan.
  1. Menentukan Jenis Produk

Salah satu hasil yang didapat dari survei pasar adalah kebutuhan pasar akan suatu produk. Setelah mengetahui kebutuhan pasar akan suatu produk, dapat dilakukan perencanaan lebih mendalam dengan melakukan segmentasi pasar, meramu bauran pemasaran yang tepat terkait produk, harga, tempat dan cara promosi (4P), lalu diakhiri dengan analisis kompetitor, sehingga didapatkan penentuan produk yang tepat sesuai kebutuhan konsumen.
  1. Pengadaan Bahan Bakudan Manajemen Pergudangan
Keterampilan lain yang harus dikuasai oleh seorang wirausaha sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) adalah pengadaan bahan baku dan bahan pendukung produksi berikut manajemen pergudangannya. Pengadaan bahan baku dan bahan pendukung meliputi aspek survei beberapa pemasok bahan baku dan bahan pendukung yang sesuai kebutuhan, baik dari segi harga, ketersediaan barang, biaya pengiriman dan berbagai fasilitas yang ditawarkan pemasok bahan baku. Selain itu, penting juga seorang wirausaha yang kompeten memahami manajemen penyimpanan bahan baku dan bahan pendukung, terutama pencatatan dan dokumentasi yang meliputi tanggal pembelian, jumlah pembelian, tanggal kadaluarsa, pendistribusian dan penarikan.
  1. Pengadaan Mesin dan Peralatan Produksi
Kapasitas produksi mesin, cara pengoperasian mesin, harga dan layanan purna jual merupakan hal-hal yang menjadi pertimbangan penting dalam pengadaan mesin dan peralatan produksi. Sehingga, sebelum memutuskan untuk membeli, seorang wirausaha yang kompeten perlu melakukan survei terhadap beberapa pemasok mesin dan peralatan produksi untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  1. Menghitung Harga Pulang Pokok
Harga pulang pokok harus dihitung secara teliti berdasarkan berbagai biaya produksi, baik biaya tetap maupun biaya tidak tetap. Kesalahan dalam menentukan harga pulang pokok dapat mengakibatkan kesalahan penentuan harga jual dan akan berakibat pada kerugian usaha.
  1. Melakukan Pemasaran Produk
Tanpa dibarengi strategi pemasaran yang tepat, produk yang dihasilkan tidak akan terserap oleh pasar. Untuk itu, seorang wirausaha yang kompeten harus mampu melakukan perencanaan pemasaran, mulai dari membangun saluran distribusi menggunakan konsep reseller dan distributor, hingga merancang berbagai program promosi menggunakan media periklanan, media massa, media sosial, e-mail, dan berbagai media promosi lainnya. Jika Anda mendapat penawaran untuk mengikuti pelatihan, workshop, diklat (pendidikan dan pelatihan) atau pun bimbingan teknis (bimtek) kewirausahaan, pastikan bahwa materi pelatihan, workshop, diklat atau bimtek yang diberikan mengacu pada unit-unit kompetensi sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker). Sehingga, sertifikat keikutsertaan yang Anda peroleh dapat dilampirkan sebagai syarat uji kompetensi skema kewirausahaan industri. Karena materi-materi yang diberikan selama pelatihan, workshop, diklat atau bimtek yang Anda ikuti memang telah sesuai dengan unit-unit kompetensi skema kewirausahaan yang akan diujikan dan Anda dinyatakan telah mengikuti dan menguasai (kompeten).

Fasilitas

  • Sertifikat resmi dari BNSP
  • Sertifikat Kehadiran 
  • Softcopy Materi
Waktu & Tempat Menyesuaikan Instansi Investasi & Fasilitas
  • Fasilitas : Certificate,Training kits, Makan 3 x dan Snack 2 x
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Admin
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo
Verified by ExactMetrics