logo-new
PSAK No 39
PSAK No 39 - Penyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) yang merupakan suatu kerangka dari prosedur pembuatan laporan keuangan akuntansi yang berisi peraturan mengenai pencatatan, penyusunan, perlakuan, dan penyajian laporan keuangan yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) yang didasarkan pada kondisi yang sedang berjalan dan telah disepakati serta telah disahkan oleh institut atau lembaga resmi di Indonesia. Dunia bisnis selalu ditandai oleh keinginan untuk melakukan investasi pada usaha yang menguntungkan dengan risiko yang kecil. Keinginan dunia bisnis untuk melakukan investasi seringkali melebihi kemampuan satu entitas usaha untuk menyediakan dana. Seorang pengusaha yang memiliki peluang investasi, tetapi tidak memiliki dana atau aset yang cukup, akan berusaha mengajak mitra usaha untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan membentuk Kerjasama Operasi (KSO). KSO dari aspek akuntansi dan perpajakan dapat dipelari dari pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) No.39.  Tujuan Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
  1. Mempertimbangkan menyeluruh dalam PSAK ( penyajian secara wajar, kebijakan akuntansi, kelangsungan usaha, dasar actual, konsistensi, dll)
  2. Memahami struktur laporan keuangan interim dan laporan keuangan konsolidasi
  3. Memahami peraturan yang berkaitan dengan pengakuan transaksi (PSAK No 39)
Materi Pendahuluan tentang PSAK 39
  • Tujuan
  • Ruang Lingkup
  • Definisi
Bentuk-bentuk KSO yang berkembang
  • KSO dengan entitas hukum yang terpisah (separate legal entity) dari entitas hukum para partisipan KSO
  • KSO tanpa pembentukan entitas hukum yang terpisah
Pengakuan dan Pengukuran 
  • Pembangunan Aset Kerjasama Operasi
  • Pengoperasian Aset Kerjasama Operasi
  • Pengungkapan
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.39 Masa Transisi Tanggal Berlaku Efektif Perbandingan penerapan PSAK No.39 dan peraturan perpajakan untuk aktiva yang dibiayai secara build, operate, and transfer (BOT) Studi kasus Peserta Manajer Keuangan, Tax Managers, Tax Specialists, Finance Managers, Finance Directors ,Financial Controller, Accountants, Financial Accounting Managers, Head of Accounting and Administration, Officer & Staff Finance and Accounting Metode Presentasi, Group Discussion, Studi Kasus Instruktur Tim Instruktur [ninja_form id=2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hubungi Admin
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo
Verified by ExactMetrics