12 Oktober Peringatan Hari Apa? Ini Daftar Lengkapnya

Tanggal 12 Oktober mungkin tidak terlalu istimewa bagi sebagian orang, karena bukan merupakan hari libur nasional. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa peringatan dan perayaan penting yang jatuh pada tanggal ini? Berikut daftar lengkapnya.

Hari Museum Nasional

Salah satu peringatan yang paling relevan bagi Indonesia adalah Hari Museum Nasional, yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai warisan budaya dan sejarah yang menjadi bagian dari identitas bangsa.

Hari Museum Nasional ditetapkan berdasarkan hasil Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) di Malang pada tahun 2015. Tanggal 12 Oktober dipilih karena mengacu pada tanggal MMI pertama di Yogyakarta pada tahun 19621.

Saat ini, terdapat 439 museum di Indonesia yang menyimpan berbagai koleksi dan informasi tentang seni, budaya, sejarah, alam, dan ilmu pengetahuan. Museum diharapkan dapat menjadi sumber belajar dan inspirasi bagi masyarakat, serta meningkatkan apresiasi dan pelestarian nilai-nilai budaya.

Hari Penglihatan Sedunia

Selain Hari Museum Nasional, tanggal 12 Oktober juga merupakan Hari Penglihatan Sedunia, yang dirayakan setiap Kamis kedua bulan Oktober. Peringatan ini berskala global dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kesehatan mata, pencegahan masalah penglihatan, dan akses pelayanan kesehatan mata yang lebih baik2.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), terdapat sekitar 1,1 miliar orang di dunia yang mengalami gangguan penglihatan yang dapat dicegah atau disembuhkan. Gangguan penglihatan dapat berdampak negatif pada kualitas hidup, pendidikan, pekerjaan, dan hak asasi manusia3.

Oleh karena itu, Hari Penglihatan Sedunia mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi beban sosial dan ekonomi akibat gangguan penglihatan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin, menggunakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai, melindungi mata dari sinar matahari atau cedera, dan mendukung program-program kesehatan mata.

Peringatan dan Perayaan Lainnya

Selain dua peringatan di atas, ada juga beberapa peringatan dan perayaan lain yang jatuh pada tanggal 12 Oktober, antara lain:

Demikian daftar lengkap peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 12 Oktober. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata Anda dan mengunjungi museum-museum terdekat. Selamat Hari Museum Nasional dan Hari Penglihatan Sedunia!

Open chat
Coba Hubungi Untuk Bantuan
Scan the code
Selamat kamu terpilih untuk mendapatkan harga promo, hubungi sekarang untuk reedem promo